Minggu, 24 November 2019

CDM (Conceptual Data Model)

CDM (Conceptual Data Model)

1. Pengertian CDM (Conceptual Data Model)

           CDM adalah model yang dibuat berdasarkan anggapan bahwa dunia nyata terdiri dari koleksi obyek-obyek dasar yang dinamakan entitas (Entity) serta hubungan (relationship) antara entitas-entitas itu. Biasanya CDM direpresentasikan dalam bentuk Entity Relationship Diagram. Conceptual Data Model atau biasa di sebut CDM. CDM memodelkan struktur logis dari keseluruhan aplikasi data, tidak tergantung pada software atau pertimbangan model struktur data. CDM yang valid dapat dikonversi ke PDM atau OOM. 

            CDM dalam penerapannya dapat di samakan dengan ERD yang fungsinya memang sama yaitu memodelkan struktur logik dari basis data. CDM dipakai untuk menggambarkan secara detail struktur basis data dalam bentuk logik. CDM terdiri dari objek yang tidak diimplementasikan secara langsung kedalam basis data yang sesungguhnya. 

2. Manfaat CDM

    Adapun manfaat penggunaan CDM dalam perancangan database :

    1. Memberikan gambaran yang lengkap dari struktur basis data yaitu arti, hubungan, dan batasan-batasan

    2. Alat komunikasi antar pemakai basis data, designer, dan analis. 

3. Fungsi CDM

       Fungsi CDM dalam penerapannya dapat disamakan dengan ERD yang fungsinya memang sama yaitu memodelkan struktur logik dari basis data. CDM dipakai untuk menggambarkan secara detail (dari arti, hubungan dan batasan-batasan) struktur basis data dalam bentuk logik. Selain itu, CDM berfungsi sebagai alat komunikasi antar basis data, desaigner, dan analis

4. Jenis – Jenis Objek Dalam CDM

    Jenis – Jenis Objek Dalam CDM :

    1. Entity 

           Untuk membuat entitas, klik item pada palette dengan label Entity, kemudian klik space putih di sebelah kanan. Untuk membuat beberapa entitas, klik terus sebanyak jumlah entitas yang dibutuhkan.

    2. Relationship

          Untuk membuat relasi antara 2 buah entitas, klik item pada palette dengan label Relationship, kemudian hubungkan kedua entitas. Beri nama pada relasi yang sudah anda buat dengan melakukan double klik pada relasi dan mengisi nama pada field Name pada tab General.

    3. Inheritance

           Untuk membuat inheritance dari sebuah entitas, terlebih dahulu buat entitasentitas lain yang merupakan child dari entitas parent. Lalu klik item pada palette dengan label inheritance, hubungkan entitas parent dengan salah satu entitas child. Untuk menghubungkan entitas child yang lain, tarik garis antara lambang inheritance (bentuk setengah lingkaran) dengan entitas child. Kemudian beri nama pada inheritance anda.

5. Langkah-langkah dalam membuat CDM

   Ada tujuh langkah yang dapat dilakukan saat ingin membuat CDM, yaitu sebagai berikut:

   1. Pahami terlebih dahulu inti permasalahan dari kasus yang diberikan.

   2. Tentukan entity apa saja yang terlihat.

   3. Tentukan atribut-atribut data untuk setiap entity beserta tipe datanya.

   4. Tentukan hubungan/keterkaitan antar tiap entity beserta kardinalistasnya.

   5. Modelkan entity dan relationship

   6. Cek kebenaran model.

   7. Perbaiki setiap error dan warning.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Normalisasi

Normalisasi 1. Pengertian Normalisasi         Normalisasi   merupakan   suatu   proses   untuk   mengubah   suatu   tabel   yang memi...